Cara Berhenti Merokok : Andalkan Orang-Orang di Sekeliling Anda

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok : Andalkan Orang-Orang di Sekeliling Anda- Berhenti merokok?? Sebagian besar perokok menganggap itu adalah hal yang sangat sulit. Tentunya Anda tidak ingin berhenti merokok pada saat sudah terlambat, yaitu ketika dokter mem-vonis Anda memiliki penyakit tertentu ang disebabkan kebiasaan merokok yang And lakukan selama ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk berhenti merokok.

10 Cara-Cara Berhenti Merokok:

1. Berpikir positif:

Bayangkan bila Anda sudah berhenti dan benar-benar terbebas dari rokok. Dengan bangga Anda akan memberitahu orang bahwa Anda tidak Merokok lagi. Setelah beberapa minggu Anda akan merasa jauh lebih baik, misalnya uang tabungan yang akan meningkat, bibir yang tidak lagi “biru”, raut muka yang lebih segar, napas yang tidak terengah-engah, kekuatan Anda yang kembali lagi, hilangnya kekhawatiran tentang berbagai penyakit, bahkan acungan jempol dari orang-orang yang menyayangi Anda.

2. Deskripsikan tujuan Anda untuk berhenti merokok:

Tulis “Daftar Alasan Berhenti Merokok”, dan pasang ditempat yang sering Anda jadikan sebagai tempat favorit untuk merokok, misalnya di depan meja kerja, teras rumah, bahkan WC Anda. Hal terebut akanmembantu Anda untuk mencegah ketika tergoda untuk merokok.

3. Tentukan target tanggal berhenti merokok:

Kebanyakan orang berpikir bahwa cara berhenti merokok bisa dilakukan secara bertahap, yaitu dengan mengurangi jumlah rokok sedikit-demi sedikit. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa cara itu sangat rawan, dan besar kemungkinan akan gagal. Atau bila berhasil, kemungkinan kambuh merokok masih sangat besar.

4. Cari dukungan untuk berhenti merokok:

Cari teman-teman Anda yang juga perokok, ajak mereka untuk “berlomba” berhenti merokok. Hadiah yang besar sangat pantas untuk dijadikan motivasi berhenti merokok. Itu adalah kerja tim, dengan harapan semua anggota tim akan sukses berhenti merokok. Anggota timyang sudak berhasil erhenti merokok harus terus memberikan dukungan bagi anggota lain yang belum berhasil berhenti merokok. Upaya yang dilakukan secara bersama-sama akan lebih mudah mendapatkan hasil daripada melakukannya sendirian.

5. Buang rokok dan perlengkapannya:

Singkirkan semua hal yang berhubungan dengan, misalnya “rokok” itu sendiri, asbak, dan pemantik api.

6. Antisipasi gejala yang timbul setelah berhenti merokok:

Ketika Anda berhenti merokok, Anda akan mendapati gejala yang mungkin timbul, misalnya mual, sakit kepala, kegelisahan, lekas marah, dan hanya perasaan tidak nyaman. Yakinkan diri Anda bahwa gejala-gejala tersebut hanya ada dalam pikiran Anda. Segera setelah Anda mengabaikan gejala-gejala teresebut, maka tubuh Anda akan menyingkirkan senua “gejala negatif” tersebut dengan segera, dalam hitungan menit, bahkan detik!!

7. Jangan mencari “pengganti rokok”

Karena orang yang msaih berusaha mencarai “pengganti rokok” menandakan bahwa sebenarnya dia berpikir bahwa dia masih membutuhkan rokok. Biasanya, orang yang sedang “terapi berhenti merokok” akan berusaha mencari pengganti merokok, misalnya ngemil, permen, dll. Tapi bila Anda benar-benar “tersiksa”, larangan ini boleh Anda langgar.. sesekali saja!!

8. Hindari tempat berkumpulnya para perokok:

Rubah rutinitas Anda selama beberapa minggu pertama ketika Anda sedang mendalami “ilmu cara berhenti merokok”. Misalnya, jangan pergi ke club malam, kafe, atau tempat “nongkrong” tempat Anda biasa berkumpul dengan teman-teman Anda. Bila perlu, beri tahu teman-teman Anda alasan “perubahan” tersebut, dan mereka akan sangat menghargai alasan Anda, karena sebenarnya dalam hati mereka juga mempunyai keinginan sama, yaitu “suatu saat ingin berhenti merokok”.

9. Konsultasi dengan dokter:

Berbagai obat-obatan dapat meningkatkan keberhasilan Anda dalam usaha berhenti merokok, misalnya terapi penggantian nikotin, semprotan, patch, tablet, permen dan inhaler. Bahkan beberapa obat untuk membantu usaha Anda dalam berhenti merokok dapat Anda peroleh di apotik tanpa resep dokter.

10. Jangan putus asa ketika gagal berhenti merokok:

Rata-rata, orang-orang yang akhirnya sukses berhenti merokok telah melakukan berbagai cara untuk berhenti merokok sebanyak 3 atau 4 periode !!!.  jika Anda gagal berhenti merokok, cari penyebab kegagalan Anda ketika mencoba berhenti merokok. Langkah berikutnya adalah tidak mengulangi hal-hal yang menggagalkan anda untuk berhenti merokok.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Cara Berhenti Merokok : Andalkan Orang-Orang di Sekeliling Anda”. Semoga tips tentang cara berhenti merokok tersebut bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

Leave A Comment