Efek Berhenti Merokok : Kenaikan Berat Badan dan Cara Mengatasinya

Efek Berhenti Merokok : Kenaikan Berat Badan dan Cara Mengatasinya - Apa yang menghentikan Anda dari usaha Anda untuk berhenti merokok? Atau Anda khawatir tentang kemungkinan kenaikan berat badan setelah berhenti merokok? Baca dan pahami tulisan ini, semoga Anda tetap melanjutkan upaya Anda dalam mencari cara untuk berhenti merokok. Kali ini saya akan berbagi untuk Anda tentang efek berhenti Merokok yaitu kenaikan berat badan pasca merokok dan cara mengatasinya.

Tulisan ini juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan menjadi lebih gemuk, itu jika Anda seorang perokok dan merasa bahwa badan Anda terlalu kurus saat ini.

Efek Berhenti Merokok : Kenaikan Berat Badan dan Cara Mengatasinya

Berbicara tentang efek berhenti merokok, Sebuah penelitian baru dari Susan Veldheer, MS, RD, seorang peneliti dari Penn State University menunjukkan bahwa hampir setengah dari 300 perokok dan memperoleh kenaikan berat badan rata-rata 22 pound ketika mereka mencoba untuk berhenti meroEfek Berhenti Merokok - Kenaikan Berat Badan dan Cara Mengatasinyakok dalam beberapa minggu, dan saya yakin Anda setuju bila kenaikan berat badan sebagai efek berhenti merokok bukanlah kiamat dalam penampilan Anda.

Berbagai cara yang Anda lakukan untuk berhenti merokok telah meningkatkan selera makan. Mengapa? Karena sebelumnya, pada waktu Anda belum mencoba untuk berhenti merokok, nikotin menekan keinginan Anda untuk makan. Ketika usaha untuk berhenti merokok mulai dilakukan, efek berhenti merokok akan mulai terasa, dimana seorang mantan perokok akan memerlukan lebih banyak makanan ringan, bukan sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tetapi hanya sebagai pengganti dari kebiasaan sebelumnya, yaitu menghisap rokok.

Efek berhenti merokok, yaitu kemungkinan kenaikan berat badan setelah berhenti merokok memang ada. Beberapa orang menganggap itu sebagai buah simalakama. Namun jangan menyerah untuk melanjutkan usaha Anda dalam mencari cara untuk berhenti merokok, hingga akhirnya Anda benar-benar menjadi “bukan perokok”.

Efek berhenti merokok, yaitu kenaikan berat badan sangat kecil nilainya bila dibandingkan dengan manfaat kesehatan dari berhenti merokok yang akan Anda rasakan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, berbagai penyakit di paru-paru dan masih banyak lagi. Anda akan lebih menikmati waktu Anda untuk berolah raga setelah Anda mulai merasakan manfaat dari berhenti merokok. Mengapa? Karena setelah berhenti merokok, hanya dalam beberapa hari paru-paru kapasitas yang lebih besar untuk menampung oksigen, sehingga napas yang lebih panjang akan mendukung Anda untuk berolah raga. Hal itu ditunjukkan dalam sebuah penelitian dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2013.

Berkaitan dengan kenaikan berat badan pasca berhenti merokok, beberapa orang memilih jalan yang dirasakan mudah, yaitu mengkonsumsi permen, inhalasi, semprot hidung atau nikotin patch. Karena dengan mengkonsumsi “pengganti rokok” tersebut, hal itu juga akan menekan nafsu makan Anda. Tetapi ingat.. “pengganti rokok” juga bisa menyebabkan Anda “kecanduan”. Jadi, berhenti merokok tanpa mencari pengganti rokok akan lebih baik untuk Anda.

Jadi, tetap fokus pada usaha Anda untuk berhenti merokok.  Dan apabila Anda termasuk salah satu mantan perokok yang tidak kenaikan berat badan sebagai satu-satunya efek berhenti merokok, pilihan terbaik adalah melakukan diet sehat. Sebagai orang yang pernah menjadi perokok dan sudah sukses melewati fase sulit tersebut, saya  tahu bahwa untuk berhenti merokok itu hal yang tidak mudah, membutuhkan kemantapan dan menjaga pikiran untuk tetap fokus pada satu tujuan, yaitu kesehatan. Kenaikan berat badan sesaat hanya sedikit mengganggu.

Yakinlah… Hidup sehat adalah pilihan satu-satunya untuk Anda. Kenaikan berat badan pasca merokok lebih banyak disebabkan karena pola pikiran kita kita untuk mencari pengganti merokok. Segera setelah Anda yakin dengan keberhasilan Anda berhenti merokok, mulailah dengan usaha  yang lebih ringan, yaitu penurunan berat badan. Sebuah usaha yang tidak terlalu berat bila dibandingkan dengan perjuangan Anda untuk berhenti merokok, dan mulailah merasakan tubuh Anda yang jauh lebih sehat dan acungan jempol dari orang-orang yang menyayangi Anda.

Dan bagi Anda yang punya keinginan untuk menambah berat badan, berhenti merokok akan menjadi pilihan yang lebih mudah, karena efek berhenti merokok benar-benar tidak berlaku untuk Anda yang menginginkan badan yang lebih gemuk

Terima kasih telah berkunjung dan membaca “Efek Berhenti Merokok : Kenaikan Berat Badan dan Cara Mengatasinya”. Semoga tulisan tentang efek berhenti merokok ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

2 Comments

  1. khaerul
    December 1, 2015 at 2:40 pm - Reply

    Alhamdulillah.. Sudah hampir 3 bulan saya berhenti merokok. Meskipun awalnya berasa sangat susah, tapi dengan tekad dan dukungan orang sekitar saya bisa berhenti meroko

  2. mus
    April 5, 2016 at 12:30 pm - Reply

    terimakasih infonya min, sangat bermanfaat.

Leave A Comment