Cara  Enkripsi File dan Menentukan Tanggal Penghapusan Secara Otomatis – Apa itu eskripsi file? Apakah kegunaan dari sebuah file yang di-enskripsi? Bagaimana cara enskripsi file yang benar? Pertanyaan-pertanyaan  itulah yang akan kami jawab pada artikel berjudul “Cara  Enkripsi File dan Menentukan Tanggal Penghapusan Secara Otomatis” kali ini. Secara sederhana, sebuah file yang dienkripsi akan berubah, sehingga tidak semua orang bisa membuka file yang di-enskripsi tersebut dan diperlukan cara-cara khusus untuk mempergunakan file tersebut, misalnya dengan menggunakan password yang sudah ditentukan sebelumnya. Kali ini kami akan berbagi tentang “Quick Crypt“, sebuat software untuk komputer Windows yang bisa And gunnakan sebagai cara  enkripsi file yang mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun.

Quick Crypt: Cara Enkripsi File Disertai Password

Mengenkripsi file sangat penting untuk melindungi data Anda yang disimpan pada komputer dari seseorang yang mencoba mencurinya. Quick Crypt berguna untuk mengenkripsi file tersebut, dan ketika decrypting lagi kita harus menggunakan sandi untuk membukanya. Sebagai software enkripsi dan deenkripsi yang handal, Quick Crypt termasuk tool desktop yang kecil dan sederhana, berbentuk portabel yang berguna untuk mengenkripsi mendekripsi sebuah file menggunakan password dan mengatur waktu kedaluwarsa yang untuk menghapusnya secara otomatis setelah periode tertentu.

Cara  Enkripsi File Mengunakan Software Quick Crypt:

Antarmuka utama Quick Crypt terdiri dalam tiga tab; “General”, “Advanced” dan “Profile”. Mengenkripsi dan mendekripsi file menggunakan Quick Crypt hanya memerlukan waktu yang singkat. Untuk mengenkripsi file, klik “Browse”. Untuk memilih file target, klik tombol di samping file yang akan di-enkripsi, dan kemudian masukkan password di bawah tab General. Secara default, aplikasi ini menciptakan sebuah versi dienkripsi file dalam direktori yang sama, tetapi jika Anda ingin file tersebut akan dihapus secara otomatis, Anda dapat mengaktifkan pilihan “Erase Target File”.

Antarmuka Quick Crypt - Software Cara Enskripsi File
Antarmuka Quick Crypt – Software Cara Enskripsi File

Aplikasi Quick Crypt juga memungkinkan Anda mengunci file komputer dengan menggunakan opsi “encrypt file using System ID” dalam  tab “Advanced”. Selain itu, Anda dapat mengatur tanggal kadaluarsa dari sebuah file untuk dihapus secara otomatis dari PC Anda atau PC teman Anda. Tujuan dari penentuan tanggal kadaluarsa berguna jika file telah dikirimkan kepada teman,  dan teman Anda lupa untuk menghapusnya dari komputer, maka secara otomatis file tersebut akan terhapus sesuai tanggal kadaluarsa. Setelah mengatur beberapa hal sesuai dengan preferensi Anda, klik “Encrypt File” di bagian bawah dan Quick Crypt akan melakukan tugas selanjutnya untuk Anda.

Software Cara Enskripsi File Menggunakan Quick Crypt -

Quick Crypt juga memiliki fungsi “built-in file shredder “ yang memungkinkan Anda untuk menghapus file dari sistem Anda secara remote. Anda bisa menentukan “total overwrites”, mengaktifkan pengaturan tambahan seperti “delete empty directories”, “skip read only files”, skip hidden files, dll.

Quick Crypt built-in file shredder
Quick Crypt : Built-in file shredder

Quick Crypt tersedia sebagai aplikasi gratis sebagai cara enskripsi file yang sedrhana yang bekerja pada PC yang menjalankan Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Download Quick Crypt

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Cara  Enkripsi File dan Menentukan Tanggal Penghapusan Secara Otomatis“. Semoga penjelasan tentang cara enskripsi file menggunakan software gratis untuk windows tersebut bermanfaat untuk Anda.